Menghadang Realita

     Kabut tipis mengambang di permukaan tanah, menyelimuti Lembanna. Hujan baru saja reda, saat menjelang magrib ketika aku melangkah di atas tanah basah menuju rumah Mama'. Rumah yang selalu bersahaja oleh keramahan perempuan tua penghuninya, adalah rumah yang selalu kutuju sebagai 'base camp' bila akan mendaki ke Gunung Bawakaraeng. Namun kedatanganku kali ini sama sekali bukan untuk naik gunung.
     Sesampai di rumah Mama', perempuan tua itu segera menyambutku. Hanya kali ini, tidak seperti biasanya. Mama' yang biasanya mengumbar senyum, sekarang kelihatan cemas meski berusaha untuk tetap terlihat tenang. Tapi setidaknya, kehadiranku membuatnya sedikit lega.
     "Sudah tiga hari kau kutunggu. Tapi kenapa baru datang sekarang?" Mama membuka percakapan saat menyuguhkan kopi panas ke hadapanku.
     "Saya sibuk Ma'" jawabku pendek.
     "Tapi ini bukan persoalan gampang. Kau sudah kuanggap seperti anak sendiri. Saya sayang sekali kepadamu. Jadi kalau ada persoalan yang menyangkut keselamatanmu, saya tidak bisa tinggal diam dan membiarkanmu menderita sendirian. Saya tidak bisa!"
     Aku hanya menunduk, tanpa berusaha membantah sedikitpun. Ini memang kesalahan saya. Tiga hari yang lalu Mama' menghubungiku dengan kekuatan batinnya, menyuruhku untuk segera ke Lembanna. Tapi kegiatan perkuliahanku terlalu padat sehingga tidak bisa segera memenuhi panggilan itu. Lagipula, aku tidak tahu ada persoalan apa yang menyangkut diriku sehingga Mama' begitu menghendaki aku segera datang ke Lembanna.
     Aku tetap duduk diam tanpa bertanya. Padahal di dalam hati aku sudah sangat ingin untuk mengetahui persoalannya. Mama' kemudian berdiri mendekati rak pakaian. Dia mengambil sesuatu, lalu kembali duduk di depanku.
     "Coba kau lihat, benda apa ini?" Mama bertanya sambil menyodorkan sesuatu ke tanganku. Sekarang rasa ingin tahuku sudah tak tertahan lagi. Segera kuraih benda yang diberikan Mama'.
     Rupanya benda itu adalah kain putih. Aku kemudian membentangkannya. Seketika aku terperanjat, namun aku berusaha sekuat tenaga untuk menahannya dan tidak memperlihatkan kepada Mama' rasa kaget itu. Kain itu itu berbentuk segiempat bujursangkar dengan panjang sisinya sekitar 50 cm. Terbuat dari katun yang biasa digunakan untuk membungkus mayat. Dan sejengkal dari salah satu sisinya nampak satu titik sebesar kepala ujung korek api, berwarna  coklat kehitaman seperti warna darah yang telah mengering.
     "Dari mana kain ini Ma'?" tanyaku menyelidik.
     "Dari temanmu, sepuluh hari yang lalu." Mama' berhenti sejenak, sambil mengingat-ingat  peristiwa yang akan diceritakan kepadaku. Sementara saya meneguk kopi di hadapanku.
     "Waktu itu, Ulo dan Ake berdua mendaki Bawakaraeng. Seperti biasanya mereka berpamitan kepadaku. Meski cuaca tidak terlalu baik, tapi tidak kulihat tanda-tanda yang buruk pada mereka. Apalagi saya pikir mereka sudah biasa naik. Jadi saya izinkan saja mereka mendaki. Jam delapan pagi mereka sudah sampai di puncak karena mereka berangkat tengah malam.Tidak ada yang bisa dilihat. Sekeliling puncak tertutup kabut. Ulo dan Ake tinggal di puncak beberapa saat, menunggu siapa tahu kabut akan menipis dan dapat menyaksikan pemandangan sekeliling, namun harapan itu tak kunjung tiba. Bahkan kabut menggulung semakin tebal dan mulai turun hujan rintik-rintik. Keduanya terpaksa memutuskan untuk turun.
     Menjelang pos delapan hujan semakin lebat. Mereka melangkah terus, hingga pos tujuhpun kemudian dilalui meski curahan hujan masih tetap lebat. Selanjutnya mereka berlari menyusuri lereng yang licin. Ake berlari di depan dan Ulo di belakang. Mereka berkejaran terus, hingga ketika mendekati pos lima, Ake berhenti berlari. Di antara deru hujan ia mendengar suara Ulo minta tolong di belakangnya. Ake berbalik lalu berlari ke atas lagi. Ternyata Ulo terpeleset dan tidak mampu untuk berdiri lagi. Lutut kanannya terantuk keras oleh batu yang menonjol runcing di tepi jalan. Ake kemudian berusaha menolong Ulo sedapat-dapatnya.
     Namun belum sempat ia berbuat banyak ketika dari arah atas muncul dua orang berjalan ke arah mereka. Seorang lelaki dan seorang perempuan. Mereka menegur Ake dan Ulo. Yang perempuan kemudian membantu memberi pertolongan kepada Ulo dengan mengikatkan syal putih yang melilit di lehernya. Sesaat kemudian Ulo sudah dapat berdiri dan berjalan lagi.
     Tetapi merka tidak sempat mengucapkan terima kasih karena kedua penolongnya itu telah mendahului berjalan menuju pos lima. Sepintas Ulo sempat heran, dari mana datangnya kedua orang itu. Sepanjang perjalanan mereka mendaki dan turun lagi, tidak menjumpai seorangpun pendaki lain di perjalanan.
     Tapi Ulo tidak melanjutkan rasa herannya. Dingin yang menusuk sampi ke tulang di antara lebatnya hujan, segera memacu mereka untuk bisa sampai ke rumah secepat mungkin.
     Mama' berhenti sejenak untuk melinting tembakau dan mengisapnya.
     "Hujan masih lebat ketika mereka sampai di rumah. Mereka segera berganti pakaian dengan pakaian kering. Ketika itulah saya melihat sesuatu yang aneh yang diletakkan Ulo. Kain putih pembalut lututnya adalah kain yang sekarang berada di tanganmu." Aku tersentak sambil mengangkat wajah menatap tajam ke arah Mama'. Aku bermaksud bertanya, tapi Mama' segera melanjutkan.
     "Saya mengenal kain itu. Kain pembawa bencana dari Bawakaraeng. Siapa saja yang mengenakannya akan mendapat kecelakaan yang gawat, bahkan bisa sampai mati!" Aku masih memandang tajam ke arah Mama'. Sementara Mama' mengisap beberapa kali sisa tembakau di tangannya. Banyak pertanyaan yang timbul di benakku.
     Kalau memang benar apa yang dikatakan Mama', lalu mengapa Ulo tidak cedera sedikitpun? Adapun saat dia terjatuh, waktu itu dia belum mendapat kain itu. Lagipula sekarang luka gores bekas terpeleset itu, sudah sembuh. Yang lebih janggal lagi, mengapa keselamatan saya yang dikuatirkan Mama'? Apa hubungannya kain itu dengan diriku?
     Sayup-sayup kudengar adzan Magrib dikumandangkan. Kuletakkan kain tadi di atas tikar, lalu bangkit ke belakang untuk berwudhu. Sementara Mama' menyalakan lentera, aku shalat magrib sendirian. Kebetulan anak dan menantu Mama' tidak berada di rumah. Jadi segala sesuatu harus dibereskan sendiri oleh Mama'.
     Selesai berdoa, aku merasa mendapat firasat jelek. Seakan ada awan hitam panas menggantung dekat dahiku. Tanpa menunggu lebih lama, aku segera mempersiapkan diri. Setahap demi setahap, dengan kemurahan dan kasih sayang Allah, aku mengisi jalan darah dan persendianku dengan nama-nama Nya yang agung.
     Tepat ketika aku selesai dan menggulung kembali tikar yang sudah kupergunakan shalat, pintu depan diketuk orang. Mama' buru-buru mendekati pintu dan membukanya.
     "Assalamu alikum.."
     "Alaikum salam.." jawab Mama' singkat, lalu mempersilakan kedua tamu itu masuk. Setelah keduanya sudah melewati pintu, Mama' segera menutup pintu kembali. Mama' kemudian mengajak kedua tamu itu duduk di tikar berhadapan denganku.
     "Ini Daeng Bira', dan ini Daeng Kelo," Mama' memperkenalkan mereka kepadaku. Aku segera menjulurkan tangan untuk menjabat mereka berdua. Selanjutnya Mama' memperkenalkan diriku kepada mereka, sebagai orang yang telah dianggap sebagai anak sendiri.
     Mama' kemudian ke dapur menyiapkan kopi untuk tamu-tamunya. Aku sendiri merasa enggan untuk bercakap. Aku hanya diam sambil menimang-nimang dan meremas-remas kain putih yang tadi kuletakkan di sampingku. Pikiranu terus menerawang mencari hubungan peristiwa yang diceritakan Mama' dengan diriku.
     Sedang asyik membalik-balik kain di tangan, tiba-tiba tanpa sengaja saya memandang ke arah Daeng Bira'. Pandangan kami beradu. Selanjutnya kurasakan ada sesuatu yang aneh. Awan panas hitam yang tadi kurasakan sewaktu selesai shalat, kini kembali terasa di pelupuk mataku. Bersamaan dengan itu, kain di tanganku serasa berontak hendak melepaskan diri dari genggamanku. Aku kemudian tersadar akan firasatku tadi sewaktu baru selesai shalat.
     Segera kugenggam kain itu dengan semua kemampuan yang telah kupersiapkan tadi. Beberapa saat aku seperti tak sadarkan diri, hingga tiba-tiba terdengar suara kain koyak. Bersamaan dengan itu halilintar menggelegar dengan begitu kerasnya. Mama' yang sedang meletakkan gelas berisi kopi di hadapan tamu-tamunya, tersentak kaget.
     Sementara aku sendiri, merasa lega. Beban yang meronta di tanganku sudah menjadi enteng. Gelayutan awan hitam di pelupuk matakupun berangsur sirna. Aku menggenggam kain putih itu dengan tenang tanpa reaksi lagi.
     Kini aku mengangkat wajah dan memandang lagi ke arah Daeng Bira'. Dalam temaram cahaya lentera, jelas terlihat rasa sesal dan cemas yang mendalam di wajahnya. Aku terus memperhatikannya ketika ia meneguk kopi. Tidak sampai habis. Ia pun segera mengajak Daeng Kelo untuk berpamitan.
     Aku heran. Namun Mama' nampaknya membiarkan saja mereka berlalu tanpa menanyakan maksud kedatangan mereka.
     Setelah keduanya diantar Mama' keluar, Mama' kembali duduk di sebelahku. Dia menyodorkan sesuatu. Rupanya sehelai kain hitam yang telah terbakar sebahagian. Meski begitu, aku segera mengenali kain itu sebagai syal kepunyaanku.
     Pada syal itu telah kupaterikan  namaku bersama wasiat warisan Nabi Sulaiman. Goresan tanganku masih nampak jelas. Hanya saja, bagian yang memuat namaku telah hangus terbakar. Tinggal goresan wasiatnya yang tersisa.
     "Bukankah Ulo yang membawasyalmu itu waktu naik ke Bawakaraeng dua minggu yang lalu?"
     "Betul Ma'" jawabku pendek.
     "Kekuatan yang ada pada syal milikmu itu yang telah menarik kain pembawa bencana itu untuk mengikutinya." Mama' menjelaskan. Aku hanya mengangguk-angguk.
     "Syal itu terbakar sewaktu dikeringkan oleh Ulo di dekat tungku. Barangkali kurang hati-hati. Padahal waktu itu hanya ada bara di atas tunggu," lanjut Mama'.
     "Apakah bukan karena pengaruh kain pembawa bencana itu Ma;?"
     "Mungkin juga begitu. Syal itu menyala begitu berada di dekat tungku, padahal kondisinya masih begitu basah. Menyala dan menghanguskan hanya di bagian goresan namamu." Aku mengangguk-angguk lagi. Sekarang aku bisa sedikit mengerti hubungannya dengan diriku, namun masalah intinya belum juga kutemukan.
     "Apakah kau tahu kedua orang tadi?"
     "Tidak Ma''jawabku ingin tahu.
     "Dia adalah perawat kain itu. Selain sebagai perawat dia juga sebagai perantara bila seseorang hendak menggunakan kekuatan pemilik kain itu di Bawakaraeng." Mama' berhenti sejenak untuk merapikan lintingan tembakau yang sementara disiapkannya.
     "Sudah beberapa hari ini mereka datang kepadaku untuk meminta kembali kain yang tidak sampai ke sasarannya itu. Tetapi saya tidak memberikannya. Saya ingin mereka meminta sendiri dari tanganmu." lanjut Mama' kemudian.
     "Apakah ada yang menyuruh mereka untuk mencelakakanku Ma'?" Tanyaku yang begitu penasaran.
     "Memang ada. Temanmu sendiri sesama pendaki. Hal ini kuketahui dari penjelasan Daeng Bira' sendiri waktu datang ke sini kemarin."
     "Lalu, mengapa tadi Daeng Bira' tidak meminta kain ini?" tanyaku masih penasaran.
     "Kain itu tidak bisa dipakai lagi, kaena telah kau rusakkan. Sebagai akibatnya, dia bersama orang yang menyuruhnya harus menanggung tuntutan dari pemilik kain itu di Bawakaraeng." Mama' menjelaskan.
     Rupanya tadi Daeng Bira' dan Daeng Kelo bermaksud mengambil kain itu dari tanganku dengan menggunakan kekuatan batinnya. Namun ternyata mereka gagal, bahkan sampai mengakibatkan kerusakan kain itu sendiri. Mama' kemudian mengambil lentera yang diletakkan di atas bangku, ke dekatku.
     "Sekarang coba kau periksa bagaimana keadaan kain itu." Aku segera membentangkannya. Rupanya telah koyak tepat membelah dua bintik coklat kehitaman tadi. Dan di ujung bawah robekannya ada cairan yang masih segar agak basah berwarna merah.
     "Apa ini Ma'? aku menunjuk ke arah cairan yang masih agak basah itu di ujung yang terkoyak. Mama' kemudian melihatnya lebih dekat ke arah lentera.
     "Darah.." jawab Mama' setengah berbisik.
     "Darah? Darah siapa Ma'?" tanyaku kaget dan penasaran.
     "Darah orang yang menyuruh Daeng Bira' yang telah mengalir di sini" Mama' menjelaskan.
     "Mengapa Mama' bisa begitu yakin?"
     "Memang begitulah biasanya resiko orang yang bermain-main dengan kekuatan hitam. Tunggulah dua tiga hari lagi, Daeng Bira' dan Daeng Kelo pun akan segera mendapat bagiannya sebagai tuntutan dari pemilik kain itu."
     Aku tercenung mendengar penjelasan Mama'. Dalam hati aku berdua semoga cukup di dunia ini saja orang-orang itu mendapatkan hukuman untuk perbuatannya, sehingga Allah tidak perlu mengazabnya lagi di hari kemudian nanti.
     Di luar gelap membungkus malam dengan rapat. Aku menghela nafas panjang dengan lega. Di dapur, Mama' sedang mempersiapkan piring dan panganan untuk makan malam kami berdua.

(24 desember 1990 - ketika kabut turun di Lembanna)
 

0 komentar:

Posting Komentar